Miracle of Enzyme Day #1

29 11 2009

Sabtu, 28 November 2009

Aku bangun menjelang pukul empat pagi. Langsung minum 2 gelas air, kuminum secara perlahan. Lima belas menit kemudian aku minum segelas air lagi. Karena masih dini hari, waktu sarapan masih jauh, selang beberapa waktu aku minum lagi segelas air. Apa yang terjadi? Hampir seketika perutku mulai mulas-mulas, terasa ingin ke belakang. Aku senang. Ini efek yang terbilang positif karena biasanya BAB-ku tidak teratur. Sensasi krosing (kroso ngising) bisa datang sewaktu-waktu, tak bisa kuduga. Tak jarang seharian aku tidak BAB sama sekali. Aku pernah dengar ulasan bahwa banyak minum di pagi hari bisa membantu rutin BAB, tapi sekian lama aku sudah rajin minum banyak di pagi hari, BAB-ku tetap saja tak teratur. Baru kali ini aku merasakan efek krosing setelah banyak minum. Kurasa pemanasan Diet dan Gaya Hidup Keajaiban Enzim Day #0 kemarin mulai berdampak positif.

Sarapan: Buah pisang dan apel. Satu jam kemudian baru nasi beras pecah kulit plus beras merah, selada, irisan tomat segar, separuh telur rebus, kentang rebus. Satu kaplet suplemen minyak ikan untuk tambahan.

Makan siang: Buah pisang, jeruk, nangka, semangka, mangga. Satu jam kemudian, nasi beras pecah kulit plus beras merah, buncis segar, irisan tomat segar, kembang kol rebus cepat, wortel rebus cepat, potongan terik tahu dan tempe tanpa kuah.

Makan malam: Buah pisang dan jeruk. Satu jam kemudian, nasi beras pecah kulit plus beras merah, buncis segar, potongan kentang dan wortel dan kacang merah bumbu sup tanpa kuahnya, bayam dan taoge rebus bumbu kelapa dan cabai (urap), bening bayam dan jagung manis tanpa kuah. Satu kaplet suplemen minyak ikan sebagai tambahan.

TIPS HARI INI:

Harus kuakui, makan sayur mentah, terutama wortel, masih jadi tantangan buat selera lidahku. Bau langunya itu dulu sering bikin aku tak tahan, ingin muntah. Maka, aku mengakalinya dengan merebusnya sedikit  atau memarutnya jadi halus, sehingga rasa langunya berkurang atau tidak terkonsentrasi pada satu potong besar, lalu memakannya berbarengan dengan yang berasa kuat atau gurih seperti tomat (yum … I love tomatoes!), telur, kentang, bahkan jeruk atau mangga. Mengunyah cepat-cepat sampai semua halus di dalam mulut membantu aku tidak konsentrasi mendeteksi rasa langu sayur-sayur segar ini. Setelah semuanya sudah terkunyah halus, rasa langu itu hilang.

HIGHLIGHTS OF THE DAY:

Menjalankan Diet dan Gaya Hidup Keajaiban Enzim ini dengan sendirinya mendorongku untuk berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang memang tidak mendesak. Kemarin-kemarin aku masih suka mengkonsumsi domperidone untuk menambah kuantitas ASI karena aku masih menyusui dan butuh menabung stok ASI perah, tapi mulai hari ini aku memutuskan berhenti total makan obat itu.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: