Siapakah Hiromi Shinya

29 11 2009

Hiromi Shinya (新谷弘実) lahir di Jepang bulan Maret 1935. Ia seorang gastroenterologis – dokter spesialis pencernaan dan bedah perut – yang telah berpraktek kedokteran selama lebih dari 40 tahun, mengobati para presiden, perdana menteri, bintang film, musisi, dan telah memeriksa lambung dan usus lebih dari 300.000 orang.

Dalam perjalanan karirnya yang cemerlang, ia merintis pembuatan alat teknik teropong usus besar (kolonoskop) dan operasi pembakaran polip secara elektrik tanpa bedah (elektro-polipektomi). Bekerja di Amerika dan Jepang, dokter Shinya menjadi profesor klinis pembedahan di Albert Einstein College of Medicine dan kepala unit endoskopi bedah di Beth Israel Medical Center, New York.

Dari pengalamannya menangani ratusan ribu pasien, ketelitiannya mencatat rekam medis dan kebiasaan hidup mereka, serta perenungannya secara pribadi, dokter Shinya merumuskan pola hidup sehat yang ia namai Diet dan Gaya Hidup Keajaiban Enzim. Pola hidup inilah yang ia tuangkan dalam buku The Miracle of Enzyme.

Dokter Shinya bukan cuma bicara. He walks his talk. Dengan mempraktekkan Diet dan Gaya Hidup Keajaiban Enzim, ia mempertahankan tubuhnya selalu sehat. Begitu jarangnya mengkonsumsi obat, sampai-sampai dokter Shinya menjadi “hipersensitif terhadap obat”, ia bisa merasakan efek samping obat hanya dengan meminum dosis sangat minimal.  (Setiap kali akan meresepkan suatu obat kepada pasien, biasanya dokter Shinya mencoba dulu efek samping obat itu pada dirinya sendiri.) Terakhir kali ia sakit adalah saat ia berumur 19 tahun.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: